Welcome

;

Sabtu, 04 Oktober 2008

'Game' Komputer Naikkan Nilai Matematika

Dosis harian memainkan game komputer ternyata bisa meningkatkan pencapaian nilai matematika, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di sekolah-sekolah Skotlandia.
Welcome to Soluta Comunity

Learning and Teaching Scotland, organisasi untuk pengembangan kurikulum telah menganalisa efek dari game yang melatih otak. Juga ditemukan dalam penelitian itu kalau game tersebut bisa meningkatkan konsentrasi dan sikap dari para murid.

Penelitian itu melibatkan 600 murid di 32 sekolah di seluruh Skotlandia menggunakan Brain Training dari game milik Dr Kawashima pada Nintendo DS setiap harinya. Proyek itu melanjutkan pilot study yang dilakukan di Dundee tahun lalu. Kelompok murid itu diuji dengan tes membaca, pemecahan masalah dan memory puzzle. Kelompok yang bermain game itu dibandingkan dengan kelompok yang dididik dengan cara biasa. Para murid tersebut dites pada awal dan akhir dari penelitian itu.

Para peneliti menemukan kedua kelompok itu memang meningkat nilainya, tetapi kelompok yang menggunakan game meningkat hingga 50%. Waktu yang dibutuhkan untuk tes juga berkurang dari 18,5 menit ke 13,5 menit. Peningkatan dari kelompok game ini dua kali dari kelompok pembandingnya.

Penelitian itu juga menemukan kalau tidak ada bedanya jika anak-anak memainkan game-nya di rumah dan tidak ada perbedaan peningkatan antara anak laki-laki dan perempuan. Juga ditemukan adanya peningkatan pada kehadiran dan jam datang murid di beberapa kelas. ( diposting dari www.kapanlagi.com )