Welcome

;

Selasa, 21 September 2010

DURHAKA


Welcome to Soluta Remaja Masjid Baitul A'laa

Orang tua adalah segalanya bagi hidup kita. Sososk manusia yang benar-benar paling berharga dalam hidap ini. Tak terbayang jika hidup ini tidak ada orang tua disi kita. Namun terkadang seorang anak tak dapat melihat keadaan orang tuanya, mereka hanya melihat sebelah mata saja, sehingga banyak sekali terjadi perselisihan yang terjadi antara anak dan orang tua. Sebagai anak kita harus selalau menghurmati orangtua kita, seperti apapun mereka dan harus selalau thoat kepada mereka selagi tidak makasiat. Secara tidak sadar kita hidup membutuhkan orang lain disisi kita. Aristotels mengatakan bahwa manusia adalah zoo politicon, yang artinya bahwa manusia itu mahkluk sosial yang selalu membutuhkan bantua orang lain.

Terlebih orang tua kita yang selalu mendampingi hidp ini dari kita lahir sampai kita dewasa. Namun orang tua tidak pernah meminta imbalan apapun dari anak nya.

Suatu ketika terdapat cerita seorang remaja yang menyesali perbuatanya karena telah durhaka terhadap Ibunya. Ini terjadi pada jaman dahulu , seorang ibu yang hanya memiliki anak semata wayang bernama kumai, keseharianya anak ini selalu hormat kepada orang tuanya bahkan sampai kumai menikah. Pada saat itu kumai menikah dengan seorang wanita dari negeri tetangga yang sebenarnya dalam hatinya tidak pernah suka terhadap ibunya. Hingga pada susatu ketika kumai memeritahkan kepada sang istri untuk mengirimkan makana kepada ibunya, belum sampai di tempat tujuan istri tersebut pulang dan mengatakan kepada suami kalau samg ibu tak mau menerima makanan darinya. Padahal cerita itu adalah dusta.

Akibatnya sang kumai memusui ibunya, ketika ibunya datang kerumahnya tidak pernah dibukakan pintu olehnya, ini berlangsung beberapa kali. Hingga suatu ketika hati sang ibu merasa sakit karena merasa tidak dihurmati dan dihargai lagi sebagai seoranng ibu. Pada suatu ketika kumai mendekati maut, ia mengalami kesulitan mati. Ini diakhibatkan karena telah durhaka atau menyakiti hati orang tua dan kumai baru mati setelah ibunya memaafkan kesalahanya.

Sebenarnya apa durhaka itu?
Durhaka merupakan keadaa dimana perbuatan seorang anak yang membuat hati orang tua merasa sakit karena perbuatan tersebut. Banyak hal yang sebenarnya dikatakan sebagai durhaka salah satunya adalah bdengan berkata ”hus” atau ”alah” kepada orang tua . ini merupakan gejala durhaka kecil, namun sekecil apapun durhaka terhadap orang tua sama saja namanya tetap durhaka. Dan mendapat dosa pula.

Sebenarnya. . . .
Durhaka memberikan sengsara didunia dan di akhirat. Bayangkan saja seorang yang durhaka merupaka termasuk tujuh golongan manusia yang tidah akan dilhat Allah ketika hari kiamayat.
Jadi biasakan setiap hari sungkem terhadap orang tua. Jangan hanya ketika lebaran saja. Serta sebaiknya orang yang bersalah adalah orang yang mau bertaubat kepada Allah.